Membuat Tombol Bagikan Sosial Media Di WordPress

Membuat Tombol Bagikan Sosial Media Di WordPressSaat ini sosial media berkembang sangat pesat, banyak sosial media seperti facebook, twitter, instagram, bahkan WhatsApp digunakan untuk berbagi informasi. Jika kita lihat, situs – situs berita online sudah banyak yang memasang tombol bagikan sosial media, hal ini bertujuan agar situs tersebut dibagikan oleh banyak orang, hal ini menjadi penting karena saat ini Google pun mempertimbangkan peringkat sedikit banyak berdasarkan kepopuleran suatu situs di sosial media.

Bagaimana cara membuat tombol bagikan sosial media di wordpress?

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membuat tombol bagikan sosial media di wordpress, bisa menggunakan Tag HTML, Widget, Plugin bahkan mengubah di tema. Namun yang paling mudah adalah membuat tombol bagikan sosial media dengan menggunakan Plugin. Kita tidak perlu paham tentang kode HTML, kita hanya perlu mengatur dan menyesuaikan tata letaknya. Plugin yang yang Tutorogi rekomendasikan adalah Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons. Berikut langkah – langkah memasang plugin Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons :

1. Masuk ke Menu Plugin dan Instal Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons

Pertama tentu anda harus login terlebih dahulu ke Dashboard WordPress anda, kemudian masuk menu Plugin, kemudian Search Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons. Untuk lebih jelasnya Plugin yang dimaksud adalah seperti gambar dibawah.

Pastikan plugin di atas anda install, setelah selesai intal klik tombol Aktifkan untuk mengaktifkan plugin tersebut. Setelah diaktifkan, akan muncul menu baru pada Dashboard wordpress yakni Ultimate Social Media Icons.

2. Setting Ultimate Social Media Icons

Masuk ke menu Ultimate Social Media Icons, ada banyak menu yang disediakan, mulai dari pilihan sosial media, fungsi sampai tata letak di dalam website atau blog. Pertam yang perlu kita lakukan adalah, memilih sosial media apa yang mau kita tampilkan.

Gambar diatas adalah contoh pilihan media sosial yang bisa kita ambil. ada beberapa fitur yang layanannya adalah berbayar, jika anda memiliki penghasilan berlebih, boleh untuk mencoba upgrade menjadi premium, agak penggunaan plugin lebih maksimal. Untuk situs Tutorogi saya hanya memilih 3 sosial media yakni Email, Facebook dan Twitter. Setelah anda pilih, masuk ke setting selanjutnya yakni setting fungsi masing – masing tombol, karena situs ini memakai 3 tombol, di tutorial ini pun yang akan dibahas terbatas 3 tombol.

Gambar diatas setting untuk Email, dimana fungsi tombol email kita atur sebagai Follow atau subscribe via email. Setting ini untuk meningkatkan langganan email, dimana langganan email ini juga penting agar pengunjung website atau blog bisa diberikan pemberitahuan via email jika ada update terbaru, yang tentunya bertujuan agak mereka dapat kembali membuka dan membaca artikel di Tutorogi.

Kemudian yang kedua adalah setting untuk tombol Facebook, fungsi tombol facebook untuk tutorogi adalah untuk share website atau blog. Jika anda memiliki Facebook Page, anda juga bisa mengubah setting agar tombol berubah fungsi menjadi tombol untuk mengunjungi Facebook Page anda.

Setting terakhir adalah setting untuk tombol Twitter, tentu saja tombol twitter yang dibuganakan oleh Tutorogi adalah untuk Tweet. Fungsi lainnya adalah untuk follow twitter dan mengunjungi halaman twitter.

Setelah semua tombol di setting, kemudian yang perlu kita setting adalah Lokasi Tombol. Ada beberapa pilihan lokasi tombol yang disediakan yakni Floating over your website page, Show them via widget, Place via shortcode dan Show icon after posts. Pada menu ini situs Tutorogi memakai setting terakhir yakni Show icon after posts, karena selain lokasinya yang menurut kami pas, juga tidak mengganggu pengunjung saat membaca artikel karena letaknya diakhir. Ada hal yang penting juga yang harus diperhatikan, yakni pastikan anda memilih Responsive icons, pilihan ini agar tombol – tombol yang kita pilih, otomatis menyesuaikan ukuran layar pengunjung. selanjutnya anda langsung bisa Simpan pengaturan tersebut. Sebenarnya masih banyak menu lainnya, anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai kebutuhan dan kenyamanan anda. terima kasih telah membaca artikel tentang Membuat Tombol Bagikan Sosial Media Di WordPress, Semoga artikel ini bermanfaat.

Follow & Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *