Cara Melacak HP Android Dengan Android Device Manager

HP android saat ini menjadi salah satu barang yang selalu di bawa hamper kebanyakan orang, selain untuk komunikasi, hp android juga memiliki banyak fungsi lain yang dapat di manfaatkan secara maksimal, contohnya untuk menyimpan data, berbisnis, atau bahkan untuk membuat Video blog atau Vlog. Seringkali kita lebih bingung saat hp android kita tertinggal dirumah dibandingkan dengan dompet kita yang tertinggal di rumah. Jika hanya tertinggal mungkin mudah saja kita hanya perlu berbalik arah dan mengambilnya, lantas bagaimana jika hp android kita hilang? Atau bahkan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Sedangkan kontak ponsel dan data di dalam hp android tersebut sangat penting, bagaimanakah kita melacaknya? Salah satu cara untuk melacaknya adalah menggunakan Android Device Manager.

Apa itu Android Device Manager?

Android Device Manager merupakan layanan yang disediakan oleh Google selaku pengembang Istem Operasi Android. Fungsi utama dari Android Device Manager adalah untuk melacak dan menemukan HP Android yang telah terhubung dengan akun Google, entah HP Android itu hilang karena kita lupa menaruhnya ataupun karena ada yang mencurinya. Namun sebelumnya kita harus menghubungkan akun google yang kita miliki dengan HP android kita.

Bagaimana Cara Menghubungkan Akun Google dengan HP Android?

1. Memiliki akun Google

Perteama yang perlu kita siapkan adalah akun google, jika belum memiliki akun google. Silahkan mendaftar terlebih dahulu jika anda belum memiliki akun Google atau Anda bisa membaca artikel kami tentang Cara Membuat Email Baru Di Gmail.

2.Login akun Google anda di HP android anda

Jika sudah memiliki akun google, langkah kedua adalah login akun google anda lewat HP Android. Biasanya ketika anda memiliki HP Android baru, di awal anda akan diminta untuk langsung menghubungkan akun Google yang anda miliki dengan HP Android anda. Namun jika ingin menambah akun google bias melalui menu Setting / Pengatuan -> Akun Google, sebagai catatan bahwa mungkin setiap merk HP berbeda dalam pengaturannya dan nama menunya, namun garis besarnya tetap sama Akun Google

3. Aktifkan layanan GPS

Langkah ketiga dalah langkah yang sangat penting, yakni mengaktifkan GPS yang ada di HP android anda. Langkah ini simpel namun banyak orang terkadang menyepelekan dan baru menyesal ketika HP Android sudah hilang dan GPS tidak diaktifkan sejak awal. Memang mengkatifkan GPS sedikit banyak akan menguras batrai, namun hal ini tentu tidak terlalu menjadi masalah jika untuk keamanan dan antisipasi kemungkinan terburuk HP Android kita hilang.

Bagaimana Cara Menggunakan Android Device Manager?

JIka anda ingin menggunakan layanan Android Device Manager, anda bisa membuka alamat webnya di Android Device Manager , dengan langkah sebagai berikut :

1. Buka Android Device Manager

Pertama buka Android Device manager, anda bias membukanya lewat Browser Ponsel, Aplikasi Android Device Manager di Play Store atau lewat browser di Komputer atau Laptop

2. Login Akun Google

Kedua, silahkan login menggunakan akun google yang telah terhubung dengan HP Android anda, silahkan login seperti biasa

3. Temukan HP Android anda

Ketika sudah masuk Android Device Manager akan muncul tampilan kurang lebih seperti berikut :

Perhatikan yang telah diberi kotak warna hijau, Digambar tersebut ada keterangan HP Android apa yang terhubung dengan akun google, dalam hal ini HP Android yg saya pakai merk Samsung. Di sebelah kanan, ada peta lokasi yang menunjukkan dimana lokasi HP Android kita saat ini, jika sudah dekat lokasi gunakan menu yang ada di sebelah kirri. Ada 3 Menu yang bisa kita gunakan.

        a. Putar Suara

Menu pertama digunakan untuk membunyikan nada dering dengan level volume maksimal, ketika kita sudah yakin HP Android kita berda dekat dekat kita, anda bisa menggunakan menu ini agak lebih mudah  untuk mencari.

        b. Amankan Perangkat

Menu kedua digunakan untuk, mengunci ponsel anda dengan pola atau sandi. Jika masih belum bisa menemukan HP Android anda, anda bisa menggunakan menu ini untuk mengunci HP Android anda, hal ini agar HP Android anda tidak bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab

        c. Hapus Perangkan

Gunakan menu ini hanya ketika anda menjual HP Android anda atau ganti HP android lain, jangan gunakan menu ini untuk keperluan lain, karena menu ini akan menghapus akun google yang terhubung ke perangkat anda

4. Dapatkan nomor IMEI

Langkah ke empat adalah langkah terkhir yang bisa anda gunakan ketika tidak kunjung menemukan HP Android anda. Ada tomboh informasi perangkat untuk menampilakn nomor IMEI atau no perangkat. Nomor ini bisa anda lampirkan kepada operator ketika anda kehilangan HP Android dan bisa juga untuk lampiran melapor ke pihak yang berwajib.

Terima kasih telah membaca artiket tentang Cara Melacak HP Android Dengan Android Device Manager, semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk amankan HP Android anda sebelum hal – hal yang tidak diinginkan terjadi. Sudah banyak kejadian HP hilang dan tercuri serta data – data pribadi digunakan untuk hal – hal yang kurang baik.

Follow & Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *