Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot

Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot – Kita kadang mengeluhkan tentang mengapa HP android kita performanya menurun atau lemot. Padahal saat awal – awal kita menggunakan HP android tersebut nyaman dan lancar. Apakah ini wajar?Hal ini wajar, setiap perangkat elektronik terutama HP perlu perawatan rutin agar performa HP android tetap stabil. Artikel ini akan membahas tentang langkah – langkah untuk mengatasi HP android yang mulai lemot.

1. Update OS Android

Cara pertama untuk mempercepat HP Android yang mulai lemot adalah update OS android ke versi yang paling baru. Ada berbagai cara untuk dapat update versi android ke versi yang terbaru, diantaranya adalah Upgrade Via OTA (Over the Air) , Upgrade Via PC dan Upgrade OS Via Root. Cara yang paling mudah dan paling banyak digunakan adalah dengan cara Upgrade Via OTA (Over the Air). Kita hanya perlu koneksi Wi-Fi karena file yang akan didownload ukurannya cukup besar. Masuk pada menu Setting atau Pengaturan -> Cari menu About Device atau Tentang Perangkat. Nantinya akan muncul keterangan versi OS android yang kita gunakan. Untuk melakukan update cari menu Check For Update atau Periksa Pembaharuan. Setelahnya biarkan proses upgrade berjalan sampai HP Android Restart. Proses upgrade membutuhkan waktu yang cukup lama kurang lebih 15 Menit, jadi pastikan batrai HP cukup selama upgrade.

2. Uninstall atau Matikan Aplikasi Yang Tidak Penting

Cara kedua untuk mempercepat HP Android yang mulai lemot adalah Uninstall atau matikan aplikasi yang tidak penting. Ketika kita membeli hp baru tentu ada beberapa aplikasi bawaan yang otomatis terinstall. Perhatikan dengan cermat mana aplikasi yang benar – benar anda butuhkan. Jika ada aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah terpakai, alangkah baiknya aplikasi tersebut kita uninstall atau kita non aktifkan. Cara untuk menguninstall Aplikasi bisa langsung melalui tampilan di Menu, Klik Tahan Aplikasi Yang Akan Di Uninstall -> pilih Uninstall atau Hapus Instalasi. Selain itu anda bisa masuk menu Setting atau Pengaturan -> pilih Aplikasi -> cari aplikasi yang akan diuninstall dan klik -> pilih Uninstall atau Hapus Instalasi.

Jika Aplikasi yang dipakai cukup jarang digunakan, kita bisa memilih untuk mematikan aplikasi tersebut. Dengan mematikan aplikasi tersebut akan memberikan cukup ruang RAM pada HP Android kita. Cara mematikan aplikasi adalah dengan masuk pada menu Setting atau Pengaturan -> Aplikasi -> cari aplikasi yang akan dimatikan dan klik -> pilih Force Close atau Paksa Berhenti.

Baca Juga : Cara Melacak HP Android Dengan Android Device Manager

3. Rutin Bersihkan Cache di HP Android

Cara ketiga untuk mempercepat HP Android yang mulai lemot adalah dengan rutin membersihkan cache di HP android. Cache adalah data yang disimpan sementara di memori telepon ketika menggunakan aplikasi di HP. Setiap aplikasi memiliki file cache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan. Rutin membersihkan Cache dapat membantu mempercepat kinerja HP android. Cara untuk membersihkan cache adalah dengan masuk menu Setting atau Pengaturan -> Storage atau Penyimpanan -> Delete atau Hapus.

4. Factory Reset

Cara terakhir yang mungkin tidak direkomendasikan adalah Factory Reset. Cara ini akan mengembalikan semu setting HP android seperti pertama kali kita gunakan. Aplikasi dan segala file yang ada dalam memory internal HP Android tersebut akan dihapus. Cari ini memang sangat efektif untuk mengatasi HP yang lemot, namun semua data yang anda miliki akan ikut terhapus. Gunakan cara ini setelah kita benar – benar telah membackup data kita. Cara untuk Factory Reset adalah dengan masuk menu Setting atau Pengaturan -> About Device -> Factory Reset atau Kembali Ke Pengaturan Pabrik. Tunggu proses sampai selesai, nantinya HP android anda akan hilang semua datanya.

Follow & Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *